4 Karakteristik Generasi Z

Generasi z

Bagi anda yang lahir dalam rentang tahun 1995 sampai dengan 2010, maka termasuk dalam generasi ini. Generasi z lahir di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat. Tidak heran,jika gaya hidup dan kebutuhannya sangatlah modern. Bahkan, sudah dari kecil mulai menggunakan gadget yang canggih untuk pemenuhan kebutuhanya. Agar lebih mengenal generasi ini, ketahui karakteristik generasi z secara lengkap.

Di era digital sekarang ini, memang penggunaan smartphon emnjadi hal yang sangat diperlukan. Terlebih, untuk menemukan informasi menjadi lebih cepat. Jadi, dalam urusan teknologi memang generasi ini cukup unggul. Kehidupannya penuh dengan modern, dan jika digunakan dengan baik tentu akan bermanfaat. Apa saja karakteristik generasi z? Selengkapnya akan kami bahas pada artikel ini.

Beberapa Karakteristik Generasi Z

Karakteristik dari generasi yang satu ini memang cukup unik dan perlu untuk anda ketahui. Berikut beberapa karakteristiknya.

1. Ambisi Sukses Yang Tinggi

Hidup di zaman yang penuh teknologi memang memberikan hal yang sangat berbeda. Jika dahulu, orang hanya memiliki cita-cita yang biasa saja. Maka, sangat berbeda dengan sekarang yang sudah memiliki zaman modern. Dimana, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan.

Terutama, dengan model pekerjaan yang tidak tetap menjadi sangat diminati saat ini. Seperti menjadi seorang blogger, digital marketing online, bahkan youtuber. Ambisi tersebut mereka dapatkan tentu setelah mengetahui prospek yang diberikan kedepannya.

2. Dunia Maya Lebih DiMinati

Tidak dapat dipungkiri, bahwa teknologi memberikan perbedaan yang cukup signifikan. Yaitu dalam pengaruh berkomunikasi terhadap lingkungan. Generasi ini lebih menyukai bermain dunia maya dibandingkan lingkungan asli. Terlebih, dengan beberapa sosial media yang aktif.

Dunia maya menjadi rumah mereka dalam banyak hal. Mendapatkan informasi, sekedar chatting ataupun bermain game. Karena, memang di era sekarang ini sudah sangat dekat dengan dunia maya. Jadi, dalam segala keperluannya membutuhkan internet.

3. Menyukai Kebebasan

Kebebasan tidak selalu dalam hal yang buruk. Melainkan, bisa menjadi contoh dari kemandirian. Dimana,generasi z lebih banyak menyukai hal yang dapat dilakukannya sendiri. Tidak bergantung kepada orang lain termasuk dengan orang tua. Karakteristik seperti ini memang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan.

Selain itu, kebebasan dalam berpendapat, berekspresi dan lainnya yang baik maka harus diperbolehkan. Jangan bungkam kebebasan generasi z karena akan berpengaruh pada kehidupannya. Sebagai contoh, jika tidak diberikan kebebasan maka dapat menjadi introvert yang kurang peka terhadap lingkungan sekitar.

4. Rasa Percaya Diri Tinggi

Siapa sangka, generasi ini justru memiliki rasa percaya tinggi yang sangat tinggi. Sikap optimis yang ada sangat membantu dalam menjalani kehidupannya. Hal ini karena kepercayaan kepada kekuatan diri sendiri begitu besar. Utamanya, untuk menyelesaikan persoalan ataupun kehidupan agar menjadi lebih baik.

Mental positif yang diberikan sangat membantu untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, tentu akan semakin lebih kuat dalam menjalani kehidupan. Namun, jangan sampai rasa percaya diri tersebut justru membuat sombong dan tidak biasa menerima kritik atau saran. Karena, sejatinya manusia harus dapat menerima kritik agar dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Begitulah beberapa karakteristik generasi z. Dalam perjalanannya, memang generasi ini dilalui dengan penuh tantangan. Terutama, untuk pemanfaatan teknologi yang sesuai tentu akan berdampak baik. Sebaliknya, jika tidak digunakan dengan tepat maka akan buruk hasilnya. Jadi, Apakah karakteristik diatas sama dengan anda?